Pages

Rabu, 02 Mei 2012

Komputasi Semantik

Cloud computing udah dibahas, sekarang waktunya komputasi semantic. Ada yang udah pernah denger??
Sejujurnya sih saya pun masih tabu soal hal ini, tapi sedikit-sedikit kita urai penjelasannya tentang "keanehan" ini yuk. Oke kita bahas secara bahasa dulu. Apasih semantik itu? 

Semantik (dari Bahasa Yunani: semantikos) adalah cabang linguistik yang mempelajari makna yang terkandung pada suatu bahasa, kode, atau jenis representasi lain. Dengan kata lain, Semantik adalah pembelajaran tentang makna. Semantik biasanya dikaitkan dengan dua aspek lain: sintaksis, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, serta pragmatika, penggunaan praktis simbol oleh komunitas pada konteks tertentu.

Terus apa itu maksud dari komputasi semantic??

Komputasi semantik adalah bidang komputasi yang menggabungkan unsur-unsur analisis semantik , pengolahan bahasa alami , data mining dan bidang terkait.
Komputasi semantik membahas tiga masalah utama:
  • Memahami niat ( semantik ) dari pengguna dan mengekspresikan mereka dalam format mesin-processable
  • Memahami makna (semantik) dari konten komputasi (berbagai macam, termasuk, namun tidak terbatas pada, teks, video, audio, proses, jaringan, perangkat lunak dan perangkat keras ) dan mengekspresikan kedalam format mesin-processable
  • Pemetaan semantik dari pengguna dengan konten untuk tujuan pengambilan konten, manajemen, penciptaan, dll
IEEE telah mengadakan Konferensi Internasional tentang Komputasi Semantic sejak tahun 2007.

Jadi intinya komputasi semantic ya meng-otomatisasi proses penalaran lewat media komputasi dan membangun representasi semantik. Kurang lebih gitu deh. Udah gk asing lagi kan?? :p

sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Semantic_computing
http://myacces.wordpress.com/2012/04/02/computational-semantic/


0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini