Pages

Rabu, 02 Mei 2012

Komputasi Kuantum

Oke bahasan kita kali ini adalah kuantum komputing. Pertama kita pahamin dulu yuk, apasih komputer quantum itu?
Komputer kuantum adalah alat untuk perhitungan yang menggunakan langsung dari kuantum mekanik fenomena, seperti superposisi dan belitan , untuk melakukan operasi pada Data . Quantum komputer berbeda dari komputer digital berbasis transistor . Komputer digital membutuhkan data yang akan dikodekan menjadi digit biner ( bit ), komputasi kuantum menggunakan properti kuantum untuk mewakili data dan melakukan operasi pada data ini. Sebuah model teoritis kuantum adalah Mesin Turing, juga dikenal sebagai komputer kuantum universal. Quantum komputer berbagi kesamaan teoritis dengan non-deterministik dan probabilistik komputer , seperti kemampuan untuk berada dalam lebih dari satu negara secara bersamaan. Bidang komputasi kuantum pertama kali diperkenalkan oleh Richard Feynman pada tahun 1982.

Meskipun komputasi kuantum masih dalam masa pertumbuhan, percobaan telah dilakukan dimana operasi komputasi kuantum dieksekusi pada sejumlah sangat kecil dari qubit (quantum bit). Kedua penelitian praktis dan teoritis terus berlanjut, dan pemerintah nasional dan lembaga pendanaan militer mendukung penelitian komputasi kuantum untuk mengembangkan kuantum komputer untuk tujuan keamanan baik sipil maupun nasional, seperti pembacaan sandi .



Skala besar komputer kuantum bisa dapat memecahkan masalah tertentu jauh lebih cepat daripada komputer klasik dengan menggunakan algoritma saat ini dikenal terbaik, seperti faktorisasi integer menggunakan algoritma Shor atau simulasi kuantum banyak-tubuh sistem . Ada ada algoritma kuantum, seperti algoritma Simon , yang berjalan lebih cepat daripada algoritma klasik mungkin probabilistik. Mengingat terbatas sumber daya, komputer klasik dapat mensimulasikan sebuah algoritma kuantum yang sewenang-wenang sehingga perhitungan kuantum tidak melanggar tesis Gereja-Turing . Namun, dalam praktek sumber daya yang tak terbatas tidak pernah tersedia dan dasar komputasi 500 qubit, misalnya, sudah akan terlalu besar untuk diwakili pada komputer klasik karena akan memerlukan 2 500 nilai-nilai kompleks untuk disimpan. (Untuk perbandingan, terabyte informasi digital menyimpan hanya 2 43 diskrit on / off nilai-nilai) huruf Nielsen dan Chuang bahwa "Mencoba untuk menyimpan semua bilangan kompleks tidak akan mungkin pada setiap komputer klasik dibayangkan."


Jadi apa itu kuantum komputing??
Komputasi kuantum adalah bidang studi difokuskan pada teknologi komputer berkembang berdasarkan prinsip-prinsip teori kuantum , yang menjelaskan sifat dan perilaku energi dan materi pada kuantum (atom dan subatom) tingkat. Pengembangan komputer kuantum , jika praktis, akan menandai lompatan maju dalam kemampuan komputasi jauh lebih besar daripada yang dari sempoa ke modern superkomputer , dengan keuntungan kinerja di alam miliar kali lipat dan seterusnya. Komputer kuantum, mengikuti hukum fisika kuantum, akan memperoleh kekuatan pengolahan yang besar melalui kemampuan untuk berada di beberapa negara, dan untuk melakukan tugas-tugas menggunakan semua kemungkinan permutasi secara bersamaan. kini pusat penelitian di komputasi kuantum termasuk MIT, IBM, Oxford University, dan Los Alamos National Laboratory.

Ya teori singkatnya gini deh.

Komputasi kuantum adalah teori komputasi yang dibangun berdasarkan prinsip-prinsip mekanika kuantum



Unsur-unsur penting dari komputasi kuantum berasal dengan Paul Benioff, bekerja di Argonne National Labs, pada tahun 1981. Dia berteori sebuah operasi komputer klasik dengan beberapa prinsip kuantum mekanik. Tapi secara umum diterima bahwa David Deutsch dari Universitas Oxford memberikan dorongan penting untuk penelitian komputasi kuantum. Pada tahun 1984, ia berada di sebuah konferensi teori komputasi dan mulai bertanya-tanya tentang kemungkinan merancang sebuah komputer yang didasarkan hanya pada aturan kuantum, kemudian diterbitkan kertas terobosan beberapa bulan kemudian. Dengan ini, lomba mulai mengeksploitasi ide-idenya. Namun, sebelum kita menggali ke dalam apa yang dia mulai, itu bermanfaat untuk melihat pada latar belakang dunia kuantum.


Oke, sekian dulu ya bahasan singkatnya mengenai quantum komputing.
see ya

sumber dari sini dan ini


0 komentar:

Posting Komentar